Saturday, May 10, 2008

Kenapa 384Kbps Lewat First Media Tetap Lambat?


Saya berlangganan internet dari First Media dengan kecepatan 384Kbps. Beberapa kali saya test untuk download file yang sama dari sumber yang sama pula.

Filenya dalam bentuk *.doc, *.xls, dan *.ppt. Semua saya kompres menjadi 1 file *.rar dengan total sebesar 19.8 Mb, dan saya simpan di Rapidshare.

Pada saat download file tsb :
- dipagi hari saya bisa mendapatkan 30 - 50 Kbps.
- siang hari antara 20 - 30 Kbps.
- disore & malam, rata-rata hanya 1 - 5 Kbps.

Pertanyaan saya :
1. Kenapa kecepatannya bisa berubah-ubah?
2. Apa arti 384Kbps yang dijual oleh First Media?

Terimakasih atas pencerahan2nya

Jawaban

A. Kenapa kecepatannya bisa berubah-ubah? kecepatan internet berubah dipengaruhi oleh 2 hal:

1. sistem operasi yang anda gunakan, jangan-jangan OS anda memang tidak mendukung buat internet
2. hardware komputer yang anda pakai, masing-masing hardware memiliki specifikasi yang berbeda-beda. contoh kata processor yang akan mengolah data. walaupun anda menggunakan processor terbaik di dunia tapi motherboard nggak support. tetap aja lemot.

B. Apa arti 384Kbps berarti. 384 Kilo Byte Per Second. adapun perubahan kecepatan yang anda alami disebabkan line internet tersebut sibuk (telah digunakan oleh banyak pengguna). line yang cuma 384 tersebut harus dibagi oleh banyak orang. terbuktikan, sore waktu orang nyantai-nyantai kecepatan berkurang.

C. ada kemungkinan lain yang menyebabkan kecepatan download/upload berkurang. hal ini disebabkan oleh OS internet yang anda gunakan. MIsalnya, download menggunakan Mozilla, Opera, Internet explorer memiliki kecepatannya berbeda-beda.

D. Ada software khusus yang digunakan untuk download super cepat, (maaf tidak saya sebutkan takut mengganggu pengguna lain). Sofware ini akan memaksimalkan koneksi internet anda dan mengambil byte dari line iddle (pengguna yang terkoneksi tapi tidak menggunakannya).

No comments: